music

Kamis, 26 Juli 2012

Yukata

yukata beda ama kimono sob, yukata artinya baju sudah mandi sering dipakai untuk melihat pesta kembang api atau bisa disebut matsuri (ennichi). yukata banyak dijual dipasaran dan harganya terjangkau sob, beda ma kimono jarang ada dipasar dan hargnya selangit sob. corak yukata yg paling populer di jepang,yaitu sakura, seruni, poppy, bunga musim panas, atau karakter anime.





Hotel atau ryokan di Jepang menyediakan yukata untuk dipakai tamu sebagai pakaian tidur. Sebagai pakaian tidur, yukata bisa dikenakan begitu saja tanpa mengenakan pakaian dalam. Ketika dipakai pria untuk keluar rumah, yukata biasanya dikenakan tanpa kaus dalam, dan cukup memakai celana dalam atau celana pendek. Berbeda dengan kimono yang dikenakan dengan dua lapis pakaian dalam (hadajuban dan juban), sewaktu mengenakan yukata, wanita hanya perlu hadajuban (pakaian dalam lapis pertama). Alas kaki sewaktu memakai yukata adalah geta.
Yukata dikencangkan ke tubuh pemakai dengan obi yang lebarnya setengah dari lebar obi untuk kimono jenis lain. Di antara berbagai jenis simpul obi untuk yukata, bentuk simpul yang paling populer adalah simpul bunko yang berbentuk kupu-kupu. Bila tidak bisa membuat simpul, toko kimono menjual simpul obi yang sudah jadi dan tinggal disisipkan pada obi.
Wanita mengenakan yukata yang pas dengan ukuran tubuh pemakai agar terlihat bagus sewaktu dipakai. Seperti halnya kimono, panjang yukata selalu melebihi tinggi badan pemakai. Perlengkapan memakai yukata wanita:
rok panjang (susoyoke) sebagai pakaian dalam, berwarna putih polos.
pakaian dalam (hadajuban)
tali pinggang (koshihimo) untuk mengencangkan kain berlebih di bagian pinggang yang berasal dari kelebihan panjang kain pada bagian bawah
kain sabuk pengikat (datejime) untuk mengencangkan kain yang longgar di bagian perut
Obi untuk mengencangkan yukata ke badan.


yukata modern






Tidak ada komentar:

Posting Komentar